HAJATAN SEDEKAH BUMI DESA RAJI

Upacara Sedekah bumi merupakan sebuah ritual yang biasanya di lakukan oleh masyarakat jawa, sedekah bumi berarti menyedekahi bumi atau niat bersedekah untuk kesejahteraan bumi. Bersedekah adalah hal yang sangat di anjurkan, selain sebagai bentuk dari ucapan syukur atas segala nikmat yang telah di berikan Allah, bersedekah juga dapat menjauhkan diri dari sifat kikir dan dapat pula menjauhkan diri dari musibah. Melihat dari semua itu, sungguh sangat perlu untuk melaksanakan ritual sedekah bumi. Bumi yang hakikatnya sebagai tempat hidup dan bertahan hidup bagi semua makhluk yang ada didalamnya, sudah selayaknya kita sebagai manusia yang sejatinya adalah khalifah atau pemimpin di muka bumi ikut menjaga dan mendo’akan agar keselamatan dan kesejahteraannya terjaga. Bila bumi sejahtera, tanah subur, tentram, tidak ada musibah, maka kehidupan di bumi pun akan terjaga dan manusia pun pada akhirnya yang memetik dan menikmati kesejahteraan itu.

Masyarakat Desa Raji  masih peduli pada pelaksanaan upacara-upacara adat, mereka masih meyakini akan manfaat dari pelaksanaan upacara adat yang sudah terselenggara sejak zaman dahulu, sehingga mereka masih melestarikan upacara-upacara adat. Salah satu upacara adat yang masih dilestarikan adalah upacara adat Sedekah Bumi. Yang menarik untuk dikaji dari upacara adat Sedekah Bumi ini adalah terjadinya akulturasi budaya antara Islam dan budaya Jawa.

Prosesi hajatan warga desa Raji dalam rangka sedekah bumi yang berlangsung pada hari senin 30-07-2018 di halaman Balai Desa raji. proses hajatan tersebut di meriahkan juga dg pagelaran wayang kulit yg dihadiri oleh Bpk Camat Demak Kota , Kepala Desa dan perangkat Desa Raji, ulama Desa Raji dan Masyarakat Desa Raji, ini merupakan suatu penghormatan kepada budaya leluhur juga ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan YME, agar kedepan masyarakat desa Raji diberi kemakmuran dan dijauhkan dari bala musibah…aamiin…

 

About Admin 6 Articles
Admin situsweb resmi Desa Raji.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan